Rusmanto
Rusmanto

Merupakan Dosen tetap program studi Sistem Informasi STT Terpadu Nurul Fikri sejak tahun 2012 sampai saat ini. Jauh sebelum bergabung sebagai Dosen di STT Terpadu Nurul Fikri, penulis sudah menggeluti bidang teknologi, utamanya seputar Linux. Banyak ilmu dan pengetahuan seputar teknologi Linux yang telah penulis tuangkan ke dalam karyanya dan juga sudah diterbitkan. Beberapa diantaranya, seperti Panduan Linux Mandriva 2008.1 (2008), Panduan Linux OpenSUSE 11.2 (2010), Pengenalan Desktop Ubuntu dan OpenOffice.org (2010), Desain Grafis dengan Inkscape (2010), Panduan Praktis SpreadSheet dengan OpenOffice Calc (2011), Desktop Publishing dengan Program Open Source (2012), dan Waze: Hate Traffic? So Do We (2014).

Selain aktif menulis, penulis juga memiliki beberapa pengalaman hebat di bidang teknologi informasi. Penulis pernah bergabung dalam organisasi Yayasan Penggerak Linux Indonesia (2005), Asosiasi Open Source Indonesia (2008), Ikatan Profesi Komputer dan Informatika Indonesia (2010), Komite Teknis SNI 3501 Teknologi Informasi, Badan Standardinasi Nasional (2012), dan Komite Penyelarasan Teknologi Informasi dan Komunikasi (2016).

Karya penulis yang telah diterbitkan di NF Press, yakni Manajemen Hubungan Pelanggan: Teori dan Implementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial (2020).

Quick View
Add to Wishlist
CompareCompare
Add to cartView cart

Manajemen Hubungan Pelanggan, Teori dan Implementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial

Tahun terbit 2020
Rp51.000
Buku "Manajemen Hubungan PeIanggan, Teori dan ImpIementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial” ini disusun untuk dapat digunakan sebagai diktat kuliah Manajemen Hubungan Pelanggan atau CRM (Customer Relationship Management). Buku ini juga dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa yang ingin menguasai teori dan im plementasi CRM untuk manajemen pemasaran di era digital dan revolusi industri 4.0. Pembahas an buku ini mencakup ilmu CRM yang luas, antara lain teori CRM, CRM konvensional, CRM berbasis internet, dan CRM sosial. Bab pertama buku ini menjelaskan teori hubungan perusahaan dengan pelanggan, konsep, manfaat, tujuan, dan sejarah CRM, serta pendahuluan studi kasus implementasi CRM di sebuah organisasi. Bab kedua menjelaskan tipe-tipe CRM, cara memilih sistem CRM, dan studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Windows. Bab tiga menjelaskan tahapan implementasi CRM d an studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Linux pada layanan komputasi. Bab empat menjeIaskan pengelolaan data pelanggan dan penggunaan sistem CRM untuk menyimpan data pelanggan. Bab lima menjelaskan database yang terkait dengan pelanggan dalam sistem CRM dengan studi kasus database pelanggan pada salah satu perangkat Iunak CRM. Bab enam hingga delapan membahas tiga fungsi otomatisasi CRM dan studi kasusnya, yaitu otomatisasi tenaga penjualan (Sales force automation), otomatisasi pemasaran (marketing automation, dan otomatisasi layanan (service automation). Bab terakhir membahas studi kasus integrasi sistem CRM berbasis internet dengan aplikasi media sosial WhatsApp. Untuk memudahkan pembaca mempelajari penggunaan sistem CRM berbasis internet, perangkat lunak SuiteCRM dipilih sebagai studi kasus dalam buku ini. Selain karena berbasis web yang mudah diakses dari browser web apa pun, SuiteCRM berlisensi bebas/sumber terbuka atau FOSS (free/Open Source Software). Lisensi bebas artinya SuiteCRM dapat diunduh dan dipasang pada komputer pembaca tanpa harus membayar lisensi kepada pengembang atau vendor. Sumber terbuka artinya kode sumber (source code) perangkat lunak SuiteCRM dapat dipelajari dan dimodifikasi, misalnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Quick View
Add to Wishlist

Manajemen Hubungan Pelanggan, Teori dan Implementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial

Rp51.000
Buku "Manajemen Hubungan PeIanggan, Teori dan ImpIementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial” ini disusun untuk dapat digunakan sebagai diktat kuliah Manajemen Hubungan Pelanggan atau CRM (Customer Relationship Management). Buku ini juga dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa yang ingin menguasai teori dan im plementasi CRM untuk manajemen pemasaran di era digital dan revolusi industri 4.0. Pembahas an buku ini mencakup ilmu CRM yang luas, antara lain teori CRM, CRM konvensional, CRM berbasis internet, dan CRM sosial. Bab pertama buku ini menjelaskan teori hubungan perusahaan dengan pelanggan, konsep, manfaat, tujuan, dan sejarah CRM, serta pendahuluan studi kasus implementasi CRM di sebuah organisasi. Bab kedua menjelaskan tipe-tipe CRM, cara memilih sistem CRM, dan studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Windows. Bab tiga menjelaskan tahapan implementasi CRM d an studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Linux pada layanan komputasi. Bab empat menjeIaskan pengelolaan data pelanggan dan penggunaan sistem CRM untuk menyimpan data pelanggan. Bab lima menjelaskan database yang terkait dengan pelanggan dalam sistem CRM dengan studi kasus database pelanggan pada salah satu perangkat Iunak CRM. Bab enam hingga delapan membahas tiga fungsi otomatisasi CRM dan studi kasusnya, yaitu otomatisasi tenaga penjualan (Sales force automation), otomatisasi pemasaran (marketing automation, dan otomatisasi layanan (service automation). Bab terakhir membahas studi kasus integrasi sistem CRM berbasis internet dengan aplikasi media sosial WhatsApp. Untuk memudahkan pembaca mempelajari penggunaan sistem CRM berbasis internet, perangkat lunak SuiteCRM dipilih sebagai studi kasus dalam buku ini. Selain karena berbasis web yang mudah diakses dari browser web apa pun, SuiteCRM berlisensi bebas/sumber terbuka atau FOSS (free/Open Source Software). Lisensi bebas artinya SuiteCRM dapat diunduh dan dipasang pada komputer pembaca tanpa harus membayar lisensi kepada pengembang atau vendor. Sumber terbuka artinya kode sumber (source code) perangkat lunak SuiteCRM dapat dipelajari dan dimodifikasi, misalnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Add to cartView cart
Quick View
Add to Wishlist
CompareCompare
Baca di Google BookView cart

Manajemen Hubungan Pelanggan, Teori dan Implementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial (E-Book)

Tahun terbit 2020
Rp51.000
Buku "Manajemen Hubungan PeIanggan, Teori dan ImpIementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial” ini disusun untuk dapat digunakan sebagai diktat kuliah Manajemen Hubungan Pelanggan atau CRM (Customer Relationship Management). Buku ini juga dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa yang ingin menguasai teori dan im plementasi CRM untuk manajemen pemasaran di era digital dan revolusi industri 4.0. Pembahas an buku ini mencakup ilmu CRM yang luas, antara lain teori CRM, CRM konvensional, CRM berbasis internet, dan CRM sosial. Bab pertama buku ini menjelaskan teori hubungan perusahaan dengan pelanggan, konsep, manfaat, tujuan, dan sejarah CRM, serta pendahuluan studi kasus implementasi CRM di sebuah organisasi. Bab kedua menjelaskan tipe-tipe CRM, cara memilih sistem CRM, dan studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Windows. Bab tiga menjelaskan tahapan implementasi CRM d an studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Linux pada layanan komputasi. Bab empat menjeIaskan pengelolaan data pelanggan dan penggunaan sistem CRM untuk menyimpan data pelanggan. Bab lima menjelaskan database yang terkait dengan pelanggan dalam sistem CRM dengan studi kasus database pelanggan pada salah satu perangkat Iunak CRM. Bab enam hingga delapan membahas tiga fungsi otomatisasi CRM dan studi kasusnya, yaitu otomatisasi tenaga penjualan (Sales force automation), otomatisasi pemasaran (marketing automation, dan otomatisasi layanan (service automation). Bab terakhir membahas studi kasus integrasi sistem CRM berbasis internet dengan aplikasi media sosial WhatsApp. Untuk memudahkan pembaca mempelajari penggunaan sistem CRM berbasis internet, perangkat lunak SuiteCRM dipilih sebagai studi kasus dalam buku ini. Selain karena berbasis web yang mudah diakses dari browser web apa pun, SuiteCRM berlisensi bebas/sumber terbuka atau FOSS (free/Open Source Software). Lisensi bebas artinya SuiteCRM dapat diunduh dan dipasang pada komputer pembaca tanpa harus membayar lisensi kepada pengembang atau vendor. Sumber terbuka artinya kode sumber (source code) perangkat lunak SuiteCRM dapat dipelajari dan dimodifikasi, misalnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Quick View
Add to Wishlist

Manajemen Hubungan Pelanggan, Teori dan Implementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial (E-Book)

Rp51.000
Buku "Manajemen Hubungan PeIanggan, Teori dan ImpIementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial” ini disusun untuk dapat digunakan sebagai diktat kuliah Manajemen Hubungan Pelanggan atau CRM (Customer Relationship Management). Buku ini juga dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa yang ingin menguasai teori dan im plementasi CRM untuk manajemen pemasaran di era digital dan revolusi industri 4.0. Pembahas an buku ini mencakup ilmu CRM yang luas, antara lain teori CRM, CRM konvensional, CRM berbasis internet, dan CRM sosial. Bab pertama buku ini menjelaskan teori hubungan perusahaan dengan pelanggan, konsep, manfaat, tujuan, dan sejarah CRM, serta pendahuluan studi kasus implementasi CRM di sebuah organisasi. Bab kedua menjelaskan tipe-tipe CRM, cara memilih sistem CRM, dan studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Windows. Bab tiga menjelaskan tahapan implementasi CRM d an studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Linux pada layanan komputasi. Bab empat menjeIaskan pengelolaan data pelanggan dan penggunaan sistem CRM untuk menyimpan data pelanggan. Bab lima menjelaskan database yang terkait dengan pelanggan dalam sistem CRM dengan studi kasus database pelanggan pada salah satu perangkat Iunak CRM. Bab enam hingga delapan membahas tiga fungsi otomatisasi CRM dan studi kasusnya, yaitu otomatisasi tenaga penjualan (Sales force automation), otomatisasi pemasaran (marketing automation, dan otomatisasi layanan (service automation). Bab terakhir membahas studi kasus integrasi sistem CRM berbasis internet dengan aplikasi media sosial WhatsApp. Untuk memudahkan pembaca mempelajari penggunaan sistem CRM berbasis internet, perangkat lunak SuiteCRM dipilih sebagai studi kasus dalam buku ini. Selain karena berbasis web yang mudah diakses dari browser web apa pun, SuiteCRM berlisensi bebas/sumber terbuka atau FOSS (free/Open Source Software). Lisensi bebas artinya SuiteCRM dapat diunduh dan dipasang pada komputer pembaca tanpa harus membayar lisensi kepada pengembang atau vendor. Sumber terbuka artinya kode sumber (source code) perangkat lunak SuiteCRM dapat dipelajari dan dimodifikasi, misalnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Baca di Google BookView cart
-26%
Quick View
Add to Wishlist
CompareCompare
Add to cartView cart

Pengantar Open Source dan Aplikasi

Tahun terbit 2020
Original price was: Rp120.000.Current price is: Rp89.000.
Buku “Pengantar Open Source dan Aplikasi” ini disusun oleh Rusmanto, dosen informatika dan pengajar pelatihan di bidang teknologi dan sistem informasi, yang juga telah menulis puluhan buku tentang sistem operasi Linux dan perangkat lunak Open Source (kode terbuka) atau Free Software (perangkat lunak bebas). Buku ini disusun berdasarkan kumpulan tulisan hasil riset dan diktat kuliah selama penyusun menjadi dosen di STT Terpadu Nurul Fikri sejak 2012 hingga sekarang. Bab satu mengupas apa itu Open Source Software, Free Software, dan produk-produk perangkat lunak yang berlisensi Open Source seperti kernel Linux, sistem operasi Linux, distro Linux, dan repository Linux. Bab pertama juga membahas beberapa jenis aplikasi Open Source seperti aplikasi untuk server, office, desain grafis, multimedia, dan lain-lain. Bab dua mengupas pengertian Open untuk produk yang bukan perangkat lunak seperti Open Standard, Open Content, dan Open Hardware. Bab dua juga membahas aspek keamanan produk Open Source dan perbandingan sistem operasi Open Source seperti Linux dan Android dengan sistem operasi bukan Open Source seperti MS Windows dan iOS. Bab tiga mengupas beberapa jenis lisensi dan copyright yang Free/Open Source untuk produk perangkat lunak dan lisensi Free/Open untuk produk selain perangkat lunak. Bab tiga juga membahas model pengembangan produk, komunitas, dan model bisnis Open Source. Bab empat hingga sebelas menjelaskan teknik penggunaan sistem operasi Linux dan beberapa aplikasi Open Source untuk belajar dan bekerja sehari-hari, mulai dari cara instalasi Linux Ubuntu 19.04 dan troubleshooting, cara bekerja di desktop Linux, cara menggunakan shell dan commands, cara menggunakan editor teks vi dan nano, cara mengelola file dan direktori, cara mengubah atribut dan hak akses, cara membuat arsip dan mengektrak file terkompres, cara membuat program script sederhana, cara menemukan bantuan di Linux, cara menginstall dan uninstall aplikasi, serta cara mengatur repository atau gudang aplikasi. Bab dua belas membahas cara bekerja secara remote dengan SSH, SCP, SFTP, dan mengakses desktop Linux di komputer lain. Bab tiga belas mengenalkan pembaca untuk bekerja sebagai adminis- trator sistem dan cara mengelola user dan group di Linux. Bab terakhir, empat belas, membahas teknik pengaturan jaringan komputer di Linux Ubuntu.
-26%
Quick View
Add to Wishlist

Pengantar Open Source dan Aplikasi

Original price was: Rp120.000.Current price is: Rp89.000.
Buku “Pengantar Open Source dan Aplikasi” ini disusun oleh Rusmanto, dosen informatika dan pengajar pelatihan di bidang teknologi dan sistem informasi, yang juga telah menulis puluhan buku tentang sistem operasi Linux dan perangkat lunak Open Source (kode terbuka) atau Free Software (perangkat lunak bebas). Buku ini disusun berdasarkan kumpulan tulisan hasil riset dan diktat kuliah selama penyusun menjadi dosen di STT Terpadu Nurul Fikri sejak 2012 hingga sekarang. Bab satu mengupas apa itu Open Source Software, Free Software, dan produk-produk perangkat lunak yang berlisensi Open Source seperti kernel Linux, sistem operasi Linux, distro Linux, dan repository Linux. Bab pertama juga membahas beberapa jenis aplikasi Open Source seperti aplikasi untuk server, office, desain grafis, multimedia, dan lain-lain. Bab dua mengupas pengertian Open untuk produk yang bukan perangkat lunak seperti Open Standard, Open Content, dan Open Hardware. Bab dua juga membahas aspek keamanan produk Open Source dan perbandingan sistem operasi Open Source seperti Linux dan Android dengan sistem operasi bukan Open Source seperti MS Windows dan iOS. Bab tiga mengupas beberapa jenis lisensi dan copyright yang Free/Open Source untuk produk perangkat lunak dan lisensi Free/Open untuk produk selain perangkat lunak. Bab tiga juga membahas model pengembangan produk, komunitas, dan model bisnis Open Source. Bab empat hingga sebelas menjelaskan teknik penggunaan sistem operasi Linux dan beberapa aplikasi Open Source untuk belajar dan bekerja sehari-hari, mulai dari cara instalasi Linux Ubuntu 19.04 dan troubleshooting, cara bekerja di desktop Linux, cara menggunakan shell dan commands, cara menggunakan editor teks vi dan nano, cara mengelola file dan direktori, cara mengubah atribut dan hak akses, cara membuat arsip dan mengektrak file terkompres, cara membuat program script sederhana, cara menemukan bantuan di Linux, cara menginstall dan uninstall aplikasi, serta cara mengatur repository atau gudang aplikasi. Bab dua belas membahas cara bekerja secara remote dengan SSH, SCP, SFTP, dan mengakses desktop Linux di komputer lain. Bab tiga belas mengenalkan pembaca untuk bekerja sebagai adminis- trator sistem dan cara mengelola user dan group di Linux. Bab terakhir, empat belas, membahas teknik pengaturan jaringan komputer di Linux Ubuntu.
Add to cartView cart
Select the fields to be shown. Others will be hidden. Drag and drop to rearrange the order.
  • Image
  • SKU
  • Rating
  • Price
  • Stock
  • Availability
  • Add to cart
  • Description
  • Content
  • Weight
  • Dimensions
  • Additional information
Click outside to hide the comparison bar
Compare
    0
    Your Cart
    Your cart is emptyReturn to Shop
    ×