Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) : menggunakan Aplikasi Open Source Odoo
Tahun terbit 2021
Rp57.000
Buku “Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan Aplikasi Open Source Odoo" dapat digunakan sebagai diktat kuliah ERP yang berfokus pada praktek cara menggunakan aplikasi Odoo untuk kegiatan bisnis perusahaan. Buku ini juga dapat digunakan sebagai rujukan bagi dosen yang ingin melakukan praktek penerapan ERP.
Bab1 pada buku ini membahas mengenai dasar implementasi Odoo untuk kegiatan modul akuntansi dan keuangan yang menjadikan rujukan secara efektif penerapan sistem informasi akuntansi (SIA). Implementasi meliputi alur proses SIA, bagaimana cara membuat database baru, install modul, edit profile perusahaan, konfigurasi mata uang, request for quotation, purchase order, entry jurnal, vendor bills, register payment, membuat customer, customer invoice, register payment cus- tomer, dan mencetak laporan keuangan.
Bab 2 membahas implementasi budget manajemen pada Odoo dengan cakupan bahasan membuat anggaran perusahaan. Implementasi meliputi alur proses budget manajemen, konfigurasi modul budget manajemen, budgedtary position, membuat budget per-departemen, dan memonitoring budget.
Bab 3 pada buku ini membahas mengenai implementasi modul Human Resource Management (HRM) pada perusahaan. Pembahasan meliputi membuat group manager, membuat karyawan, expense tracker (perjalanan dinas), leave (pengajuan cuti), recruitment, laporan kegiatan pekerjaan (timesheet), presensi kehadiran (attendance), dan penggajian (payroll).
Bab 4 membahas mengenai modul manufacturing yang biasa digunakan oleh perusahaan industri untuk melakukan aktifitas pengelolaan produksi. Implementasi modul manufcturing meliputi membuat produk yang akan diproduksi, master data (bill of material), dan membuat order produksi. Untuk memudahkan pembaca dalam melakukan implementasi langsung di aplikasi Odoo 10 penulis membuat link video yang sudah di upload di youtube sebagai pemandu. Video tersebut sangat membantu pembaca untuk mengikuti tahap demi tahap dalam setiap modulnya.
Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) : menggunakan Aplikasi Open Source Odoo
Rp57.000
Buku “Implementasi Enterprise Resource Planning (ERP) Menggunakan Aplikasi Open Source Odoo" dapat digunakan sebagai diktat kuliah ERP yang berfokus pada praktek cara menggunakan aplikasi Odoo untuk kegiatan bisnis perusahaan. Buku ini juga dapat digunakan sebagai rujukan bagi dosen yang ingin melakukan praktek penerapan ERP.
Bab1 pada buku ini membahas mengenai dasar implementasi Odoo untuk kegiatan modul akuntansi dan keuangan yang menjadikan rujukan secara efektif penerapan sistem informasi akuntansi (SIA). Implementasi meliputi alur proses SIA, bagaimana cara membuat database baru, install modul, edit profile perusahaan, konfigurasi mata uang, request for quotation, purchase order, entry jurnal, vendor bills, register payment, membuat customer, customer invoice, register payment cus- tomer, dan mencetak laporan keuangan.
Bab 2 membahas implementasi budget manajemen pada Odoo dengan cakupan bahasan membuat anggaran perusahaan. Implementasi meliputi alur proses budget manajemen, konfigurasi modul budget manajemen, budgedtary position, membuat budget per-departemen, dan memonitoring budget.
Bab 3 pada buku ini membahas mengenai implementasi modul Human Resource Management (HRM) pada perusahaan. Pembahasan meliputi membuat group manager, membuat karyawan, expense tracker (perjalanan dinas), leave (pengajuan cuti), recruitment, laporan kegiatan pekerjaan (timesheet), presensi kehadiran (attendance), dan penggajian (payroll).
Bab 4 membahas mengenai modul manufacturing yang biasa digunakan oleh perusahaan industri untuk melakukan aktifitas pengelolaan produksi. Implementasi modul manufcturing meliputi membuat produk yang akan diproduksi, master data (bill of material), dan membuat order produksi. Untuk memudahkan pembaca dalam melakukan implementasi langsung di aplikasi Odoo 10 penulis membuat link video yang sudah di upload di youtube sebagai pemandu. Video tersebut sangat membantu pembaca untuk mengikuti tahap demi tahap dalam setiap modulnya.
Manajemen Hubungan Pelanggan, Teori dan Implementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial
Tahun terbit 2020
Rp51.000
Buku "Manajemen Hubungan PeIanggan, Teori dan ImpIementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial” ini disusun untuk dapat digunakan sebagai diktat kuliah Manajemen Hubungan Pelanggan atau CRM (Customer Relationship Management). Buku ini juga dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa yang ingin menguasai teori dan im plementasi CRM untuk manajemen pemasaran di era digital dan revolusi industri 4.0. Pembahas an buku ini mencakup ilmu CRM yang luas, antara lain teori CRM, CRM konvensional, CRM berbasis internet, dan CRM sosial.
Bab pertama buku ini menjelaskan teori hubungan perusahaan dengan pelanggan, konsep, manfaat, tujuan, dan sejarah CRM, serta pendahuluan studi kasus implementasi CRM di sebuah organisasi. Bab kedua menjelaskan tipe-tipe CRM, cara memilih sistem CRM, dan studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Windows. Bab tiga menjelaskan tahapan implementasi CRM d an studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Linux pada layanan komputasi. Bab empat menjeIaskan pengelolaan data pelanggan dan penggunaan sistem CRM untuk menyimpan data pelanggan. Bab lima menjelaskan database yang terkait dengan pelanggan dalam sistem CRM dengan studi kasus database pelanggan pada salah satu perangkat Iunak CRM. Bab enam hingga delapan membahas tiga fungsi otomatisasi CRM dan studi kasusnya, yaitu otomatisasi tenaga penjualan (Sales force automation), otomatisasi pemasaran (marketing automation, dan otomatisasi layanan (service automation). Bab terakhir membahas studi kasus integrasi sistem CRM berbasis internet dengan aplikasi media sosial WhatsApp. Untuk memudahkan pembaca mempelajari penggunaan sistem CRM berbasis internet, perangkat lunak SuiteCRM dipilih sebagai studi kasus dalam buku ini. Selain karena berbasis web yang mudah diakses dari browser web apa pun, SuiteCRM berlisensi bebas/sumber terbuka atau FOSS (free/Open Source Software). Lisensi bebas artinya SuiteCRM dapat diunduh dan dipasang pada komputer pembaca tanpa harus membayar lisensi kepada pengembang atau vendor. Sumber terbuka artinya kode sumber (source code) perangkat lunak SuiteCRM dapat dipelajari dan dimodifikasi, misalnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Manajemen Hubungan Pelanggan, Teori dan Implementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial
Rp51.000
Buku "Manajemen Hubungan PeIanggan, Teori dan ImpIementasi dengan Aplikasi Web dan Media Sosial” ini disusun untuk dapat digunakan sebagai diktat kuliah Manajemen Hubungan Pelanggan atau CRM (Customer Relationship Management). Buku ini juga dapat digunakan oleh dosen dan mahasiswa yang ingin menguasai teori dan im plementasi CRM untuk manajemen pemasaran di era digital dan revolusi industri 4.0. Pembahas an buku ini mencakup ilmu CRM yang luas, antara lain teori CRM, CRM konvensional, CRM berbasis internet, dan CRM sosial.
Bab pertama buku ini menjelaskan teori hubungan perusahaan dengan pelanggan, konsep, manfaat, tujuan, dan sejarah CRM, serta pendahuluan studi kasus implementasi CRM di sebuah organisasi. Bab kedua menjelaskan tipe-tipe CRM, cara memilih sistem CRM, dan studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Windows. Bab tiga menjelaskan tahapan implementasi CRM d an studi kasus pemasangan perangkat lunak CRM di sistem operasi Linux pada layanan komputasi. Bab empat menjeIaskan pengelolaan data pelanggan dan penggunaan sistem CRM untuk menyimpan data pelanggan. Bab lima menjelaskan database yang terkait dengan pelanggan dalam sistem CRM dengan studi kasus database pelanggan pada salah satu perangkat Iunak CRM. Bab enam hingga delapan membahas tiga fungsi otomatisasi CRM dan studi kasusnya, yaitu otomatisasi tenaga penjualan (Sales force automation), otomatisasi pemasaran (marketing automation, dan otomatisasi layanan (service automation). Bab terakhir membahas studi kasus integrasi sistem CRM berbasis internet dengan aplikasi media sosial WhatsApp. Untuk memudahkan pembaca mempelajari penggunaan sistem CRM berbasis internet, perangkat lunak SuiteCRM dipilih sebagai studi kasus dalam buku ini. Selain karena berbasis web yang mudah diakses dari browser web apa pun, SuiteCRM berlisensi bebas/sumber terbuka atau FOSS (free/Open Source Software). Lisensi bebas artinya SuiteCRM dapat diunduh dan dipasang pada komputer pembaca tanpa harus membayar lisensi kepada pengembang atau vendor. Sumber terbuka artinya kode sumber (source code) perangkat lunak SuiteCRM dapat dipelajari dan dimodifikasi, misalnya untuk disesuaikan dengan kebutuhan pengguna.
Manajemen Operasi dan Manajemen Rantai Pasok untuk Pengambilan Keputusan
Tahun terbit 2023
Rp78.000
Buku ini ditulis untuk memenuhi penggabungan dua bidang ilmu manajemen operasi dan manajemen rantai pasok atau supply chain management (SCM). Penggabungan dua bidang ilmu tersebut dengan mengambil tema-tema terpenting manajemen operasi yang berkaitan dengan supply chain management.
Hasil seleksi didapatkan tema manajemen operasi linier programming, metode simplek, metode transportasi, metode penugasan (Hunggarian), dan metode jaringan kerja menggunakan CPM dan PERT. Semua tema tersebut diuji dengan cara perhitungan manual dan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel pada addins solver tujuannya adalah agar pembaca bisa memahami asal usul dari cara perhitungannya. Tema manajemen operasi tersebut sangat erat kaitannya dengan optimalisasi proses dari hulu sampai ke hilir mengenai pengelolaan suplly chain seperti meminimalisasi biaya produksi, memaksimalkan produksi.
Manajemen Operasi dan Manajemen Rantai Pasok untuk Pengambilan Keputusan
Rp78.000
Buku ini ditulis untuk memenuhi penggabungan dua bidang ilmu manajemen operasi dan manajemen rantai pasok atau supply chain management (SCM). Penggabungan dua bidang ilmu tersebut dengan mengambil tema-tema terpenting manajemen operasi yang berkaitan dengan supply chain management.
Hasil seleksi didapatkan tema manajemen operasi linier programming, metode simplek, metode transportasi, metode penugasan (Hunggarian), dan metode jaringan kerja menggunakan CPM dan PERT. Semua tema tersebut diuji dengan cara perhitungan manual dan dengan menggunakan aplikasi Microsoft Excel pada addins solver tujuannya adalah agar pembaca bisa memahami asal usul dari cara perhitungannya. Tema manajemen operasi tersebut sangat erat kaitannya dengan optimalisasi proses dari hulu sampai ke hilir mengenai pengelolaan suplly chain seperti meminimalisasi biaya produksi, memaksimalkan produksi.
Multimedia Interaktif Menggunakan Unity 2D
Tahun terbit 2022
Rp56.000
Multimedia interaktif merupakan penyajian visual dengan menggunakan gabungan objek teks, gambar, suara, video, dan animasi untuk kebutuhan media pembelajaran maupun untuk keperluan promosi dan bisnis. Penyajian multimedia interaktif harus memperhatikan prinsip dasar mengenai multimedia seperti kesesuaian antara text dengan gambar, kesesuaian antara gambar dengan suara, kesesuaian semua gabungan unsur media dengan tema. Jenis-jenis multimedia bisa dikategorikan ada yang pasif artinya mulitmedia berjalan secara sekuensial seperti video atau film. Jenis multimedia yang kedua adalah multimedia interaktif yang mengandung aktifitas kontrol user terhadap sebuah multimedia seperti game dan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi interaktif di dalam sebuah perangkat mobile.
Sebelum membuat multimedia interaktif perlu dirancang skenario multimedia yang akan dibuat yang dengan menggunakan konsep storyboard. Storyboard adalah rangkaian ide desain mulitmedia kedalam sebuah dokumen. Format model storyboard bisa berbentuk kartu, double column, dan model landscape.
Struktur menu adalah bagian kegiatan dari merancang sebuah mulitmedia interaktif sehingga hasil rancangan mulitmedia interaktif bisa terstruktur dari sisi navigasi kontrol menu. Jenis-jenis navigasi diantaranya adalah struktur menu linier, non linier, hierarchy, dan composite.
Untuk implementasi hasil dari konsep melalui storyboard maka perlu alat bantu program aplikasi untuk mewujudkan hasil ide ke dalam bentuk visual gambar bergerak, text bergerak, suara, dan video. Alat bantu untuk mewujudkannya bisa menggunakan program aplikasi Unity. Unity adalah game engine yang bisa membuat media interaktif dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi. Buku ini membahas dasar-dasar pengenalan Unity 2D seperti pengenalan interface unity, membuat teks, gambar, objek 2D animasi. Unity 2D juga bisa membuat kontrol player terhadap sebuah tema permainan seperti halnya permainan berpetualang mencari harta karun dalam objek 2 dimensi. Kesimpulan dari buku ini sangat cocok bagi umum, mahasiswa, dosen, para peneliti yang ingin membuat proyek mulitmedia interaktif dengan Unity 2D.
Multimedia Interaktif Menggunakan Unity 2D
Rp56.000
Multimedia interaktif merupakan penyajian visual dengan menggunakan gabungan objek teks, gambar, suara, video, dan animasi untuk kebutuhan media pembelajaran maupun untuk keperluan promosi dan bisnis. Penyajian multimedia interaktif harus memperhatikan prinsip dasar mengenai multimedia seperti kesesuaian antara text dengan gambar, kesesuaian antara gambar dengan suara, kesesuaian semua gabungan unsur media dengan tema. Jenis-jenis multimedia bisa dikategorikan ada yang pasif artinya mulitmedia berjalan secara sekuensial seperti video atau film. Jenis multimedia yang kedua adalah multimedia interaktif yang mengandung aktifitas kontrol user terhadap sebuah multimedia seperti game dan media pembelajaran interaktif menggunakan aplikasi interaktif di dalam sebuah perangkat mobile.
Sebelum membuat multimedia interaktif perlu dirancang skenario multimedia yang akan dibuat yang dengan menggunakan konsep storyboard. Storyboard adalah rangkaian ide desain mulitmedia kedalam sebuah dokumen. Format model storyboard bisa berbentuk kartu, double column, dan model landscape.
Struktur menu adalah bagian kegiatan dari merancang sebuah mulitmedia interaktif sehingga hasil rancangan mulitmedia interaktif bisa terstruktur dari sisi navigasi kontrol menu. Jenis-jenis navigasi diantaranya adalah struktur menu linier, non linier, hierarchy, dan composite.
Untuk implementasi hasil dari konsep melalui storyboard maka perlu alat bantu program aplikasi untuk mewujudkan hasil ide ke dalam bentuk visual gambar bergerak, text bergerak, suara, dan video. Alat bantu untuk mewujudkannya bisa menggunakan program aplikasi Unity. Unity adalah game engine yang bisa membuat media interaktif dalam bentuk 2 dimensi maupun 3 dimensi. Buku ini membahas dasar-dasar pengenalan Unity 2D seperti pengenalan interface unity, membuat teks, gambar, objek 2D animasi. Unity 2D juga bisa membuat kontrol player terhadap sebuah tema permainan seperti halnya permainan berpetualang mencari harta karun dalam objek 2 dimensi. Kesimpulan dari buku ini sangat cocok bagi umum, mahasiswa, dosen, para peneliti yang ingin membuat proyek mulitmedia interaktif dengan Unity 2D.
-26%
Pengantar Open Source dan Aplikasi
Tahun terbit 2020
Original price was: Rp120.000.Rp89.000Current price is: Rp89.000.
Buku “Pengantar Open Source dan Aplikasi” ini disusun oleh Rusmanto, dosen informatika dan pengajar pelatihan di bidang teknologi dan sistem informasi, yang juga telah menulis puluhan buku tentang sistem operasi Linux dan perangkat lunak Open Source (kode terbuka) atau Free Software (perangkat lunak bebas). Buku ini disusun berdasarkan kumpulan tulisan hasil riset dan diktat kuliah selama penyusun menjadi dosen di STT Terpadu Nurul Fikri sejak 2012 hingga sekarang.
Bab satu mengupas apa itu Open Source Software, Free Software, dan produk-produk perangkat lunak yang berlisensi Open Source seperti kernel Linux, sistem operasi Linux, distro Linux, dan repository Linux. Bab pertama juga membahas beberapa jenis aplikasi Open Source seperti aplikasi untuk server, office, desain grafis, multimedia, dan lain-lain.
Bab dua mengupas pengertian Open untuk produk yang bukan perangkat lunak seperti Open Standard, Open Content, dan Open Hardware. Bab dua juga membahas aspek keamanan produk Open Source dan perbandingan sistem operasi Open Source seperti Linux dan Android dengan sistem operasi bukan Open Source seperti MS Windows dan iOS.
Bab tiga mengupas beberapa jenis lisensi dan copyright yang Free/Open Source untuk produk perangkat lunak dan lisensi Free/Open untuk produk selain perangkat lunak. Bab tiga juga membahas model pengembangan produk, komunitas, dan model bisnis Open Source.
Bab empat hingga sebelas menjelaskan teknik penggunaan sistem operasi Linux dan beberapa aplikasi Open Source untuk belajar dan bekerja sehari-hari, mulai dari cara instalasi Linux Ubuntu 19.04 dan troubleshooting, cara bekerja di desktop Linux, cara menggunakan shell dan commands, cara menggunakan editor teks vi dan nano, cara mengelola file dan direktori, cara mengubah atribut dan hak akses, cara membuat arsip dan mengektrak file terkompres, cara membuat program script sederhana, cara menemukan bantuan di Linux, cara menginstall dan uninstall aplikasi, serta cara mengatur repository atau gudang aplikasi.
Bab dua belas membahas cara bekerja secara remote dengan SSH, SCP, SFTP, dan mengakses desktop Linux di komputer lain. Bab tiga belas mengenalkan pembaca untuk bekerja sebagai adminis- trator sistem dan cara mengelola user dan group di Linux. Bab terakhir, empat belas, membahas teknik pengaturan jaringan komputer di Linux Ubuntu.
-26%
Pengantar Open Source dan Aplikasi
Original price was: Rp120.000.Rp89.000Current price is: Rp89.000.
Buku “Pengantar Open Source dan Aplikasi” ini disusun oleh Rusmanto, dosen informatika dan pengajar pelatihan di bidang teknologi dan sistem informasi, yang juga telah menulis puluhan buku tentang sistem operasi Linux dan perangkat lunak Open Source (kode terbuka) atau Free Software (perangkat lunak bebas). Buku ini disusun berdasarkan kumpulan tulisan hasil riset dan diktat kuliah selama penyusun menjadi dosen di STT Terpadu Nurul Fikri sejak 2012 hingga sekarang.
Bab satu mengupas apa itu Open Source Software, Free Software, dan produk-produk perangkat lunak yang berlisensi Open Source seperti kernel Linux, sistem operasi Linux, distro Linux, dan repository Linux. Bab pertama juga membahas beberapa jenis aplikasi Open Source seperti aplikasi untuk server, office, desain grafis, multimedia, dan lain-lain.
Bab dua mengupas pengertian Open untuk produk yang bukan perangkat lunak seperti Open Standard, Open Content, dan Open Hardware. Bab dua juga membahas aspek keamanan produk Open Source dan perbandingan sistem operasi Open Source seperti Linux dan Android dengan sistem operasi bukan Open Source seperti MS Windows dan iOS.
Bab tiga mengupas beberapa jenis lisensi dan copyright yang Free/Open Source untuk produk perangkat lunak dan lisensi Free/Open untuk produk selain perangkat lunak. Bab tiga juga membahas model pengembangan produk, komunitas, dan model bisnis Open Source.
Bab empat hingga sebelas menjelaskan teknik penggunaan sistem operasi Linux dan beberapa aplikasi Open Source untuk belajar dan bekerja sehari-hari, mulai dari cara instalasi Linux Ubuntu 19.04 dan troubleshooting, cara bekerja di desktop Linux, cara menggunakan shell dan commands, cara menggunakan editor teks vi dan nano, cara mengelola file dan direktori, cara mengubah atribut dan hak akses, cara membuat arsip dan mengektrak file terkompres, cara membuat program script sederhana, cara menemukan bantuan di Linux, cara menginstall dan uninstall aplikasi, serta cara mengatur repository atau gudang aplikasi.
Bab dua belas membahas cara bekerja secara remote dengan SSH, SCP, SFTP, dan mengakses desktop Linux di komputer lain. Bab tiga belas mengenalkan pembaca untuk bekerja sebagai adminis- trator sistem dan cara mengelola user dan group di Linux. Bab terakhir, empat belas, membahas teknik pengaturan jaringan komputer di Linux Ubuntu.